Jelang Kepulangan ke Tanah Air, Keluhan Kesehatan Jemaah Menurun Adha Anggraini

By Admin


Perasaan bahagia menggelayuti jemaah haji yang akan kembali ke tanah air. Karenanya, keluhan terhadap kesehatan mereka sangat minim sekali.

Hal ini diungkapkan oleh Petugas Kesehatan Daerah Kerja (Daker) Bandara, dr. Aria Dewangga saat mengantarkan kepulangan jemaah di King Abdul Aziz International Airport Jeddah (KAAIA), Minggu (23/6/2024).

"Keluhan jemaah terhadap sakit tidak sebanyak pada saat kedatangan, karena secara psikis jemaah lebih bahagia setelah puncak ibadah haji dan akan kembali ke pangkuan keluarga," ujar Aria.

Hal senada disampaikan salah satu jemaah asal Surakarta dari kelompok terbang 23 Embarkasi Solo (SOC-23), Mbah Soemarno Sukarto (92). Meski telah senja usianya, ia tampak lebih segar, karena sudah lega menjalani ibadah haji dan akan kembali ke Tanah Air. Tak sedikit pun tampak sisa-sisa lelah di wajahnya, yang tersisa adalah ingatan bahwa ia telah tuntas menaklukkan puncak ibadah haji di Arafah, Muzdalifah dan Mina (Armuzna).

Bahkan kepada petugas, ia masih dengan lancar menceritakan keberangkatannya yang ditemani putri tercinta.

Salah satu Tim Kesehatan Daker Bandara, Rendi Yoga menyebutkan intensitas kedatangan jemaah ke klinik bandara juga relatif menurun. Hal ini tentu sangat berbeda dibanding saat kedatangan jemaah.

"Saat ini, biasanya keluhan jemaah itu kelelahan. Obatnya cuma teh anget dan diajak ngobrol tentang anak cucunya," ungkap Rendi saat menangani jemaah kelelahan dari kloter SOC-09

Rendi menuturkan keluhan jemaah jelang kepulangan ke tanah air didominasi kembung dan kelelahan akibat perjalanan dari Makkah menuju bandara.

"Apalagi jemaah yang tidak terbiasa terkena AC bus," ungkapnya.

Rendi pun membagikan tips pada jemaah saat menanti masa kepulangan :

1. Packing barang yang ringkas, tidak terlalu berat dan tidak terlalu banyak tentengan agar tidak kerepotan dan kelelahan di perjalanan

2. ⁠Istirahat cukup menjelang kepulangan

3. ⁠Senam pagi bersama

4. ⁠Makan makanan yang cukup, ditambah buah terutama bagi lansia.

5. ⁠Jangan lupa siapkan obat untuk perjalanan terutama obat yang rutin dikonsumsi pada tas yang mudah dijangkau atau tas paspor.